Kamis, 08 November 2012

Perusahaan Berdasarkan Sistem Informasi


SEJARAH PERUSAHAAN

Telekomunikasi Selular yang Menyatukan Bangsa
Telkomsel didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk  mencapai visi tersebut, Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia.
Memasuki era ICT (Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%). Telkomsel terus mengembangkan layanan telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan gaya hidup selular, a truly mobile lifestyle.

LATAR BELAKANG

Dari Telkomsel untuk Indonesia
Telkomsel memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan mobile lifestyle unggulan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pelanggan. Telkomsel menghadirkan teknologi agar bangsa Indonesia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan tetap mendukung pelestarian negeri. 
Untuk itulah, Telkomsel secara aktif mendorong pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi untuk menara BTS serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi remaja dan masyarakat yang kurang mampu. Melalui peningkatan kualitas masyarakat dan pelestarian lingkungan, Telkomsel berpartisipasi aktif untuk masa depan bangsa yang lebih baik.
"Telkomsel Paling Indonesia"





BEBERAPA KESUKSESAN TELKOMSEL

Telkomsel Sukses Antisipasi Lonjakan Trafik Komunikasi Lebaran

IMQ, Jakarta —  Telkomsel sukses mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan pada saat Hari Raya Idul Fitri, 19 Agustus 2012.

“Dari pemantauan Telkomsel, terjadi kenaikan trafik layanan data atau broadband hingga 55% atau mencapai 157 terabyte dan layanan BlackBerry melonjak signifikan hingga 226% dibandingkan Idul Fitri tahun lalu yang mencapai 7,5 Gbps,” kata POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra di Jakarta, Rabu (22/8)

Lonjakan tinggi menurut Ricardo, juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169% dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS dan voice juga meningkat lebih dari 1,12 milyar SMS terkirim (naik sebesar 25% dibandingkan hari normal) dan 1,28 milyar menit suara terhubung (kenaikan 24% dibanding Lebaran sebelumnya). 

“Kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi yang sangat baik. Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan,” paparnya.

Hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat.

“Di kota Padang, Pariaman, Bukit Tinggi trafik layanan suara meningkat 72% dari hari normal. Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154% dari hari normal, sedangkan wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152% khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga Cilacap,” ujarnya.

Ricardo menambahkan, tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82%, kesuksesan panggilan suara (Call Success Rate) 97,62%, kesuksesan penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57%, kesuksesan layanan data (Data Success Rate) 99,88%, serta kesuksesan layanan isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76%.

“Baik hari biasa maupun musim mudik Lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya.


Dikawal 'Superman', BlackBerry Telkomsel Melonjak 226%

Jakarta - Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data broadband hingga lebih dari 55% atau mencapai 157 terabyte dan layanan BlackBerry melonjak signifikan hingga 226% dibanding Idul Fitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps. 

Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169% dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS dan voice juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 miliar SMS terkirim, naik 25% dibanding hari normal, dan 1,28 miliar menit suara terhubung, naik 24% dibanding Lebaran sebelumnya. 

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/8/2012), Telkomsel mengklaim kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data menunjukan performansi yang sangat baik.

Sementara itu hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat (Padang, Pariaman, Bukit Tinggi) dengan lonjakan trafik hingga 72%dari hari normal. 

Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154% dari hari normal. Sedangkan wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152% khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga Cilacap.

Tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82%, kesuksesan panggilan suara (Call Success Rate) 97,62%, kesuksesan penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57%, kesuksesan layanan data (Data Success Rate) 99,88%, serta kesuksesan layanan Isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76%.

Telkomsel juga memastikan infrastrukturnya di seluruh Indonesia terjaga dengan baik dan berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran dengan mengandalkan 'Superman' alias Supervisory and Monitoring Network Perfomance, serta mengerahkan 10 unit Combat atau Mobile BTS untuk menambah kemampuan penanganan trafik komunikasi.


Telkomsel Catat SMS Terkirim 1,1 M 

MAKASSAR, FAJAR --Trafik layanan data atau broadband melonjak tajam untuk semua jenis layanan pada hari H lebaran, Minggu 19 Agustus lalu. Telkomsel mencatat SMS yang terkirim pada hari itu tembus 1,1 miliar. 

Semua layanan data naik lebih dari 55 persen atau mencapai 157 terabyte. Layanan BlackBerry juga melonjak signifikan hingga 226 persen dibanding Idulfitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps. 

Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169 persen dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS dan voice juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 milyar SMS terkirim (kenaikan sebesar 25 persen dibanding hari normal) dan 1,28 miliar menit suara terhubung (kenaikan 24 persen dibanding lebaran sebelumnya). 

POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra mengatakan, pihaknya berhasil mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggannya pada hari puncak libur lebaran, Minggu, 19 Agustus 2012.

"Kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi yang sangat baik. Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idulfitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan," kata Ricardo.

Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154 persen dari hari normal. Sedangkan wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152 persen khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga Cilacap.

Tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82 persen, kesuksesan panggilan suara (Call Success Rate) 97,62 persen, kesuksesan penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57 persen, kesuksesan layanan data (Data Success Rate) 99,88 persen, serta kesuksesan layanan Isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76 persen.

"Baik hari biasa maupun musim mudik lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah Indonesia," ujar Ricardo Indra. 



KESIMPULAN

Telkomsel didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk  mencapai visi tersebut, Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar