SEJARAH PERUSAHAAN
Telekomunikasi Selular yang Menyatukan Bangsa
Telkomsel didirikan
pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan
telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk mencapai visi tersebut,
Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru
Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi
pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk
yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di
Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba
teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor
penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS).
Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama
pelanggan di seluruh Indonesia.
Memasuki era ICT
(Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan
pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi
perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%). Telkomsel
terus mengembangkan layanan telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi
sebagai penyedia layanan gaya hidup selular, a truly mobile lifestyle.
LATAR BELAKANG
Dari Telkomsel untuk Indonesia
Telkomsel
memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan mobile lifestyle unggulan sesuai
dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pelanggan. Telkomsel menghadirkan
teknologi agar bangsa Indonesia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik di
masa mendatang dengan tetap mendukung pelestarian negeri.
Untuk itulah, Telkomsel
secara aktif mendorong pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi
untuk menara BTS serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi remaja dan
masyarakat yang kurang mampu. Melalui peningkatan kualitas masyarakat dan
pelestarian lingkungan, Telkomsel berpartisipasi aktif untuk masa depan bangsa
yang lebih baik.
"Telkomsel Paling
Indonesia"
BEBERAPA
KESUKSESAN TELKOMSEL
Telkomsel
Sukses Antisipasi Lonjakan Trafik Komunikasi Lebaran
IMQ, Jakarta —
Telkomsel sukses mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan pada saat
Hari Raya Idul Fitri, 19 Agustus 2012.
“Dari
pemantauan Telkomsel, terjadi kenaikan trafik layanan data atau broadband
hingga 55% atau mencapai 157 terabyte dan layanan BlackBerry melonjak
signifikan hingga 226% dibandingkan Idul Fitri tahun lalu yang mencapai 7,5
Gbps,” kata POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra di
Jakarta, Rabu (22/8)
Lonjakan
tinggi menurut Ricardo, juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169%
dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS
dan voice juga meningkat lebih dari 1,12 milyar SMS terkirim (naik sebesar 25%
dibandingkan hari normal) dan 1,28 milyar menit suara terhubung (kenaikan 24%
dibanding Lebaran sebelumnya).
“Kualitas
seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi
yang sangat baik. Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik
komunikasi atau hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan
pelanggan,” paparnya.
Hingga H+1
Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik
layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat.
“Di kota
Padang, Pariaman, Bukit Tinggi trafik layanan suara meningkat 72% dari hari
normal. Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan
lonjakan trafik hingga lebih dari 154% dari hari normal, sedangkan wilayah Jawa
Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga
152% khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes,
Kebumen, hingga Cilacap,” ujarnya.
Ricardo menambahkan,
tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan
kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82%, kesuksesan
panggilan suara (Call Success Rate) 97,62%, kesuksesan penyelesaian panggilan
suara (Call Completion Rate) 98,57%, kesuksesan layanan data (Data Success
Rate) 99,88%, serta kesuksesan layanan isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate)
mencapai 99,76%.
“Baik hari biasa maupun musim mudik Lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya.
“Baik hari biasa maupun musim mudik Lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya.
Dikawal 'Superman', BlackBerry Telkomsel
Melonjak 226%
Jakarta - Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data broadband hingga lebih
dari 55% atau mencapai 157 terabyte dan layanan BlackBerry melonjak signifikan
hingga 226% dibanding Idul Fitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps.
Lonjakan
tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169% dengan jumlah MMS
yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS dan voice juga
meningkat mencapai lebih dari 1,12 miliar SMS terkirim, naik 25% dibanding hari
normal, dan 1,28 miliar menit suara terhubung, naik 24% dibanding Lebaran
sebelumnya.
Dalam
keterangan tertulisnya, Selasa (21/8/2012), Telkomsel mengklaim kualitas
seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data menunjukan performansi yang
sangat baik.
Sementara
itu hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel
khususnya trafik layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat
(Padang, Pariaman, Bukit Tinggi) dengan lonjakan trafik hingga 72%dari hari
normal.
Untuk
trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik
hingga lebih dari 154% dari hari normal. Sedangkan wilayah Jawa Tengah tercatat
sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152% khususnya
di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga
Cilacap.
Tingkat
kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan
kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82%, kesuksesan
panggilan suara (Call Success Rate) 97,62%, kesuksesan penyelesaian panggilan
suara (Call Completion Rate) 98,57%, kesuksesan layanan data (Data Success
Rate) 99,88%, serta kesuksesan layanan Isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate)
mencapai 99,76%.
Telkomsel juga memastikan infrastrukturnya di seluruh Indonesia terjaga dengan baik dan berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran dengan mengandalkan 'Superman' alias Supervisory and Monitoring Network Perfomance, serta mengerahkan 10 unit Combat atau Mobile BTS untuk menambah kemampuan penanganan trafik komunikasi.
Telkomsel juga memastikan infrastrukturnya di seluruh Indonesia terjaga dengan baik dan berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran dengan mengandalkan 'Superman' alias Supervisory and Monitoring Network Perfomance, serta mengerahkan 10 unit Combat atau Mobile BTS untuk menambah kemampuan penanganan trafik komunikasi.
Telkomsel
Catat SMS Terkirim 1,1 M
MAKASSAR, FAJAR --Trafik layanan data atau broadband melonjak
tajam untuk semua jenis layanan pada hari H lebaran, Minggu 19 Agustus lalu.
Telkomsel mencatat SMS yang terkirim pada hari itu tembus 1,1 miliar.
Semua layanan data naik lebih dari 55 persen atau mencapai 157 terabyte. Layanan BlackBerry juga melonjak signifikan hingga 226 persen dibanding Idulfitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps.
Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169 persen dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS dan voice juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 milyar SMS terkirim (kenaikan sebesar 25 persen dibanding hari normal) dan 1,28 miliar menit suara terhubung (kenaikan 24 persen dibanding lebaran sebelumnya).
Semua layanan data naik lebih dari 55 persen atau mencapai 157 terabyte. Layanan BlackBerry juga melonjak signifikan hingga 226 persen dibanding Idulfitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps.
Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169 persen dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS dan voice juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 milyar SMS terkirim (kenaikan sebesar 25 persen dibanding hari normal) dan 1,28 miliar menit suara terhubung (kenaikan 24 persen dibanding lebaran sebelumnya).
POH Head of
Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra mengatakan, pihaknya berhasil
mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggannya pada hari puncak libur
lebaran, Minggu, 19 Agustus 2012.
"Kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi yang sangat baik. Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idulfitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan," kata Ricardo.
"Kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi yang sangat baik. Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idulfitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan," kata Ricardo.
Untuk
trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik
hingga lebih dari 154 persen dari hari normal. Sedangkan wilayah Jawa Tengah
tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152
persen khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes,
Kebumen, hingga Cilacap.
Tingkat
kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan
kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82 persen,
kesuksesan panggilan suara (Call Success Rate) 97,62 persen, kesuksesan
penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57 persen, kesuksesan
layanan data (Data Success Rate) 99,88 persen, serta kesuksesan layanan Isi
Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76 persen.
"Baik
hari biasa maupun musim mudik lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan
pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan
secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah
Indonesia," ujar Ricardo Indra.
KESIMPULAN
Telkomsel didirikan
pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan
telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk mencapai visi tersebut,
Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru
Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi
pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk
yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di
Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba
teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor
penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station
(BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan
utama pelanggan di seluruh Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar